3 Buah Ini Baik Untuk Hipertensi, Apa Kandungannya ?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg. Hipertensi merupakan ketidaknormalan tekanan darah melebihi batas normal. Hipertensi harus dicegah sedini mungkin karena hipertensi yang berkepanjangan dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih membahayakan seperti stroke, gagal jantung, gangguan mobilitas dan lainnya.

Salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah apa saja yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi atau hipertensi ?

  1. Kiwi

Buah asal Australia ni merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita tekanan darah tinggi. Karena dalam satu buah kiwi terkandung 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium. Ketiga mineral yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain mengandung ketiga mineral tersebut, buah kiwi juga kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan. Antioksidan ini dapat membantu tubuh Anda dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

  1. Pisang

Selain sangat familiar dimasyarakat Indonesia, buah ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dalam Satu buah pisang ukuran sedang ternyata mengandung 1% kalsium, 8% magnesium, dan 12% kalium. Selain untuk menurunkan tekanan darah, pisang juga mampu membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah sehingga memberikan efek tenang yang secara tidak langsung juga mampu menurunkan tekanan darah

 

  1. Alpukat

Buah berbentuk lonjong berkulit hijau ini selain kaya akan lemak baik, juga kaya akan vitamin dan mineral yang mampu membantu menurunkan tekanan darah. Satu setengah buah alpukat mengandung sebanyak 1% kalsium, 5% magnesium, dan 10% kalium. Selain kaya akan mineral dan lemak baik tersebut, alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *