Manfaat dan Cara Membuat Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni terdiri dari bahan-bahan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang tinggi. Meskipun demikian, jenis lemak jenuh yang banyak terdapat pada minyak kelapa adalah medium chain triglycerides (MCT). Jenis lemak ini akan langsung digunakan oleh hati untuk menghasilkan energi. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat.

  1. Baik untuk penderita kolesterol tinggi
    Para ahli menyatakan minyak kelapa dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Maka dari itu minyak kelapa diduga baik untuk penderita kolesterol tinggi. Akan tetapi, ada juga penelitian juga mengatakan bahwa minyak kelapa belum tentu baik untuk kesehatan jantung Anda. Karena itu, masih tetap dibutuhkan penelitian lebih mendalam mengenai manfaat minyak kelapa terhadap kolesterol tinggi.
  2. Menurunkan berat badan
    Karena zat kalorinya yang lebih rendah dibandingkan jenis minyak lainnya, pemakaian minyak kelapa dianggap baik bagi penderita obesitas. Zat lemak jenis MCT pada minyak kelapa, diperkirakan bisa menurunkan berat badan. Namun, Anda tetap harus membatasi jumlah asupan minyak kelapa agar tidak kelebihan kalori, yang justru akan menyebabkan berat badan naik. Maka dari itu untuk menurunkan berat badan, tetap dibutuhkan pula pola makan sehat dan olahraga rutin.
  3. Melembapkan kulit
    Minyak kelapa dapat dijadikan pelembap yang ringan untuk kulit. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin setelah mandi. Menggunakan minyak kelapa dua kali sehari pada kulit kering, dapat membantu melembapkan kulit.
  4. Kutu rambut
    Mengoleskan minyak kelapa pada rambut mungkin efektif untuk menjauhkan kutu. Zat asam laurat pada minyak kelapa diduga berperan sebagai pembasmi kutu alami. Minyak kelapa murni bisa digunakan untuk mengobati kutu rambut pada orang yang memiliki kulit sensitif atau tidak cocok dengan pengobatan kutu rambut. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas minyak kelapa dalam mengobati kutu rambut
  5. Diabetes
    Minyak kelapa murni bisa memberikan dampak yang cukup baik pada penyakit diabetes, karena dipercaya mampu membantu mengatur kadar gula darah dan memperbaiki resistensi insulin. Akantetapi karena jenis lemak pada minyak kelapa adalah lemak jenuh, penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan minyak kelapa.

Cara Membuat Minyak Kelapa

Siapa pun bisa membuat minyak kelapa sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan minyak kelapa, yaitu :

  1. Merebus kelapa
    Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu blender hingga halus. Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.
    Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak. Proses ini memakan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.
  2. Menyaring kelapa
    Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender sampai halus dan jika dibutuhkan, bisa menambahkan air agar bisa memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya. Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air dan lakukan berulang agar menghasilkan santan yang banyak.
    Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah. Masukkan ke kulkas atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat terbentuknya dadih. Buang dadih dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah.
  3. Mengendapkan kelapa
    Persiapkan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa yang fresh, potong kecil-kecil kemudian keringkan selama satu hari. Jika menggunakan kelapa parut yang dijual di toko, pastikan memakai jenis permukaan yang kasar.
    Masukkan ke juicer sedikit demi sedikit agar proses pemisahan kelapa dan juga minyak berjalan baik. Lakukan proses ini hingga semua kelapa telah diproses. Kembali ulangi proses ini sekali lagi agar semua minyak kelapa keluar. Tuangkan hasil juicer ke dalam wadah toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh. Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di atas, sementara lapisan kental akan mengendap di dasar toples.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *