Menilik Kisaran Harga Mesin Bubut Kayu Konvensional dan CNC di Bukalapak

Hampir semua industri yang berhubungan dengan pengolahan benda keras menjadi produk bernilai jual akan mengandalkan mesin bubut sebagai sarana penting dalam pembuatannya, contohnya saja adalah pembuatan furniture rumah tangga yang berbahan dasar kayu, maka tak akan lepas dari alat yang satu ini, baik itu yang fungsinya hanya sekedar memotong, menyambungkan atau membuat bentuk. Harga mesin bubut di Bukalapak ini juga terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jenis yang lainnya, menyesuaikan juga pilihan merk dan jenis yang akan dibeli oleh konsumen.

Seperti yang diketahui bahwa dalam beberapa industri sarana yang satu ini memang memegang peranan yang sangat penting, jadi wajib ada sebagai salah satu modal kerja. Lalu bagaimana dengan pengoperasiannya, umumnya harus belajar terlebih dahulu untuk menjalankan alat tersebut, khususnya untuk jenis yang konvensional, namun belakangan ini juga banyak bermunculan produk mesin bubut CNC di pasaran. Apa itu? Yaitu sebuah mesin bubut yang sistem kerjanya sudah modern berbekal dengan komputer.

Ia mengandalkan program aplikasi yang dikenal sebagai CNC sebagai otaknya untuk mempermudah dalam proses kerja, jadi dijalankan secara otomatis oleh bagian tersebut. Lalu apa yang membedakan mesin bubut konvensional dengan CNC ini, berikut yang harus Anda ketahui:

  1. Harga mesin bubut kayu CNC lebih mahal dibandingkan dengan yang konvensional, jika dilihat dari segi harganya sendiri maka produk konvensional memang jauh lebih murah dibandingkan dengan yang modern, mengingat sistem kerjanya tergolong masih biasa, tak hanya itu, jika melihat dari segi fiture yang diberikan juga tergolong biasa, sehingga tidak bisa dipungkiri jika harganya akan jauh lebih murah, berbeda dengan jenis CNC yang mengandalkan teknologi modern, harganya bisa 2 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan yang konvensional.
  2. Hasil produksi mesin bubut konvensional tergolong kecil, apa adanya menyesuaikan dengan kinerja yang bisa dilakukan oleh mesin dan juga pekerja yang melakukannya, namun berbeda dengan jenis CNC yang bisa dikurangi produksinya maupun diperbesar sesuai dengan kebutuhan, itulah mengapa kebanyakan yang memakai produk mesin bubut ini adalah perusahaan atau pabrik besar saja.
  3. Tingkat ketelitian yang ditawarkan oleh mesin bubut CNC lebih akurat dibandingkan dengan konvensional, dari cara kerjanya tidak memungkiri jika produk berbasis CNC ini jauh lebih akurat dalam menghasilkan benda dibandingkan dengan jenis yang konvensional, karena dilakukan dengan mesin, kesalahan bahkan bisa sampai 0.
  4. Cara kerja mesin bubut CNC harus dilakukan oleh operator yang ahli, yaitu mereka yang memiliki kemampuan di bidang komputer, berbeda dengan yang konvensional, produknya bisa dikerjakan bahkan oleh pemula sekalipun asalkan sudah belajar sebelumnya.
  5. Proses pengoperasian mesin bubut CNC hanya dengan memasukkan data-data ke komputer, inilah keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh mesin bubut modern, yaitu dalam mengoperasikan tak harus menunggu, melainkan cukup dengan memasukkan data atau angka sesuai dengan kebutuhan, nantinya bahan aku akan langsung keluar dalam bentuk yang diinginkan.
  6. Biaya pemeliharaan mesin bubut CNC jauh lebih besar dibandingkan dengan konvensional. Hal lain yang turut menjadikan beban tambahan mesin bubut modern ini adalah biaya untuk pemeliharaannya yang terbilang mahal dibandingkan dengan yang konvensional.

Jadi bagaimana, jenis CNC atau konvensional yang ingin dibeli, jika tingkat industri masih kecil, Anda cukup membeli yang konvensional saja, apalagi harga mesin bubut kayu tradisional ini jauh lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *