Penyebab Maag ,Apakah Benar dari Pola Makan Yang Tidak Teratur?

 

Tidak semua orang tau apakah peyakit maag itu,bagimana gejalanya,dan cara penanganan yang baik utuk tidak menyebabkan maag berubah menjadi kronis,disini sya akan menjelaskan tentang penyebab maag dan apasih maag itu sebenarnya.

Maag atau yang lebih dikenal masyarakat luas dengan istilah radang lambung adalah gangguan system pencernaan  yakni terjadinya luka atau peradangan khususnya lambung, yang menyebabkan rasa mual, perih ,dan rasa penuh pada perut penyakit ini bias berubah menjadi kronis bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat.Penyebab dari maag itu sendiri diantaranya adalah mengkonsumsi obat-obatan tertentu,sering mengkonsumsi alcohol,pola tidur yang tidak teratur,dan yang paling sering dijumpai adalah pola makan yang tidak teratur.

Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan lambung lebih sensitive ,bila asam lambung meningkat dapat menyebabkan geseka pada dinding lambung dan mengakibatkan luka.Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati .Telat makan, juga dapat memicu terjadinya produksi enzim-enzim pencernaan yang tidak memadai. Kondisi tersebut dapat menghambat proses pencernaan. Ketika proses pencernaan tidak berjalan dengan lancar, gejala mag juga dapat muncul.

Saat kita sedang makan tubuh akan melepaskan 22 jenis enzim yang akan membantu system pencernaan ,enzim-enzim tersebut dihasilkan oleh kelenjar ludah,lambung dan usus halus. Dan setiap enzim akan bereaksi secara spesifik denan jenis makanan tertentu.Telat makan juga sering dikaitkan dengan stress.Saat seseorang mengalami stress ia lebih cenderung lewatkan jadwal makannya,ini juga salah satu penyebab asam lambung naik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *