TEKNOLOGI ABSENSI SIDIK JARI

Teknologi fingerprint bermanfaat digunakan untuk absensi.Pada gambar disamping adalah perkembangan dari teknologi mesin absensi/presensi. Pada gambar bagian kiri adalah mesin yang sering digunakan dengan menggunakan kertas yang kemudian dimasukkan di bagian atasnya. Kemudian sebelah kanannya adalah mesin absensi yang menggunakan sidik jari.

Pemakaian mesin ini sering kita jumpai pada perusahaan perusahaan atau pabrik pabrik yang berskala besar. Coba kita bayangkan apabila pabrik tersebut memiliki karyawan 2000 orang, maka berapa ton kertas yang digunakan hanya untuk absensi saja? Belum lagi untuk keperluan kantor yang lain. Karena sekarang sedang trend global warming dan trend segala aktivitas dengan menggunakan kata awalan ‘green’,maka teknologi yang mesin yang menggunakan kertas,lambat laun mulai di tinggalkan dan para pengusaha mulai melirik ke teknologi mesin absensi sidik jari.

Mungkin dengan menggunakan teknologi absensi sidik jari ini memerlukan modal yang lebih besar dari menggunakan teknologi yang lama.Akan tetapi, dalam segi perawatan,mesin ini lebih mudah dirawat daripada mesin yang lama,mungkin karena onderdil mesin yang lama sudah tidak dibuat lagi dan yang lain. Segi pemakaian juga akan lebih mudah,kemudian dalam keseharian,karyawan tidak akan bisa titip absen kecuali kulit jempolnya di titipkan ke temannya.

Jadi teknologi ini lebih bermanfaat dan ramah lingkungan daripada teknologi yang lama

 

sumber: http://kurniaelektronik.com/index.php/tips-trik/153-teknologi-absensi-sidik-jari-fingerprint

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *