Alasan Pengajuan Kredit Anda Ditolak

Semakin tinggi harga segalanya, semakin banyak orang yang harus melakukan kredit yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA). Kemudahan pengajuan KTA menjadi salah satu alasan banyak orang ingin melakukan ini. Yang harus Anda lakukan hanyalah melengkapi formulir aplikasi dan menunggu persetujuan bank.

Namun, apakah pengajuan kredit ditolak? Tanpa alasan yang jelas, pengajuan kredit Anda ditolak oleh bank dan ini pasti akan menggoda Anda. Jangan terjebak dalam rasa ingin tahu Anda. Kami akan membagikan 6 alasan mengapa pengajuan kredit Anda ditolak.

1. Kesalahan Verifikasi

Dalam formulir pengajuan kredit, Anda akan diminta untuk menuliskan informasi pribadi Anda beserta nomor kontaknya. Bisa berupa nomor pribadi atau tempat Anda bekerja. Pastikan nomor yang Anda tulis benar dan dapat dihubungi, karena nomor ini akan digunakan oleh bank untuk memverifikasi informasi pribadi Anda.

Kesalahan verifikasi terjadi ketika bank tidak dapat menghubungi nomor yang diberikan. Oleh karena itu usahakan untuk memberikan nomor yang selalu siap dijawab dan dapat memberikan informasi yang valid tentang data pribadi Anda.

2. Fraud atau penipuan

Jangan pernah mencoba memalsukan apa pun saat mengajukan kredit, baik berupa data pribadi, informasi maupun dokumen. Jika Anda melakukan penipuan, pengajuan kredit Anda akan ditolak karena bank akan memeriksanya sebelum menyetujui pengajuan kredit Anda. Pastikan semua data, informasi dan dokumen yang Anda masukkan seakurat mungkin.

3. Dokumen tidak valid

Sekalipun Anda telah memberikan semua dokumen yang diperlukan, pengajuan kredit Anda tetap tidak akan diproses jika dokumen tidak dapat terbaca dengan jelas. Masalah ini biasanya terjadi selama proses fotokopi. Pastikan salinan dokumen Anda terbaca dengan jelas sebelum mengirimkannya ke bank.

4. Jumlah kredit terlalu tinggi

Jika ditanya berapa banyak kredit yang Anda inginkan, Anda mungkin akan menjawab sebanyak mungkin. Namun besaran credit limit yang diberikan oleh bank tidak ditentukan secara sembarangan. Total batas kredit akan disesuaikan dengan situasi keuangan Anda. Apalagi dari segi total pendapatan dan kemampuan membayar cicilan. Jika jumlah kredit yang Anda kirimkan terlalu besar untuk pendapatan dan kemampuan Anda untuk membayar cicilan, bank akan menolak aplikasi Anda.

5. Tunggakan tagihan kartu kredit

Bank telah berhasil memverifikasi, Anda tidak melakukan penipuan, dokumen Anda dapat dibaca dengan jelas dan jumlah kredit yang Anda kirimkan sudah sesuai. Namun, ada pertimbangan lain bagi bank sebelum menyetujui aplikasi kredit Anda, yaitu catatan penggunaan kartu kredit. Pengajuan kredit Anda akan lebih mudah disetujui jika memang sebelumnya Anda bagus dalam membayar tagihan kartu kredit Anda. Dari catatan kinerja kartu kredit, bank dapat mengantisipasi risiko kredit sejak dini.

6. Sejarah kredit buruk

Salah satu pertimbangan bank sebelum menyetujui aplikasi kredit Anda adalah riwayat kredit Anda. Saat Anda mengajukan aplikasi, bank akan memeriksa riwayat kredit Anda sebelumnya melalui Pemeriksaan BI. Pemeriksaan BI memuat seluruh sejarah pemberian pinjaman kepada bank atau non bank. Sejarah kredit yang buruk akan meningkatkan kemungkinan aplikasi Anda ditolak. Selalu berusaha disiplin dan tepat waktu (tidak ngaret) dalam  membayar kredit Anda agar nantinya pengajuan kredit Anda selanjutnya menjadi lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *