Baju Batik Motif Jogja Yang Melegenda

Jogja merupakan sebuah kota yang sampai saat ini masih memegang kebudayaan jawa yang begitu terasa kental. Jika anda datang berkunjung kesana, biasanya anda akan merasa adat budaya Jawa di kota yang satu ini masih sangat dijunjung tinggi. Itu mengingat Jogja dahulu merupakan salah satu kota pusat pemerintahan kerajaan Mataram yang memang pernah Berjaya di tanah Jawa. Selain itu di Jogja sampai saat ini pusat pemerintahannya masih dikuasai oleh orang kraton atau masih menggunakan sistem raja. Hal tersebut membuat kebudayaan Jogja tentunya terus diwariskan turun-temurun dan agak sulit terkena modernisasi. Dan salah satu budaya yang sampai saat ini masih melekat di Jogja adalah mengenai motf di baju batik jogja.

Baju batik sendiri merupakan salah satu pakaian yang tentunya memilki nilai adat jawa yang begitu kental. Batik sendiri merupakan salah satu pakaian yang merupakan asli dari tanah jawa. Memang sekarang ini pakaian batik sendiri sudah berkembang lebih luas dan bukan hanya menjadi milik tanah jawa saja. Ini terbukti dari adanya motif khas yang bermunculan dari luar jawa seperti batik Toba, dan batik lainnya. Dahulu batik sendiri mengalami perkembangan yang pesat pada saat masa kerajaan Mataram. Maka tak salah tentunya jika pada akhrnya motif pakaian batik dari Jogja merupakan salah satu motif yang tertua yang bisa kita temui. Motif tersebut memang sudah ada dan berkembang dar jaman kerajaan Mataram dan terus diturunkan sampai sekarang ini.

Pada jamannya baju batik sering dikenakan oleh kalangan raja. Bahkan sampai saat ini pakaian batik juga masih sering dikenakan oleh kalangan keraton sebagai ciri khas mereka. Pakaian batik ini juga sekarang ini di Jogja sudah menjadi salah satu pakaian wajib di hari tertentu di beberapa kantor yang ada di sana. Hal tersebut menjadi bukti bahwa memang budaya jawa di kota Jogja sampai saat ini cukup kental. Itulah cara mereka menjaga dan melestarikan budaya dan juga kesenian yang ada sampai saat ini. itulah kota Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *