Bukan Hanya Memakai Baju Batik Saja, Namun Anda Harus Pahami Maknanya

Sekarang ini perkembangan baju batik tentunya sangat pesat mengingat pakaian yang satu ini memang sudah diakui dunia Internasional sebagai salah satu warisan dari negara kita Indonesia. perkembangan yang begitu pesat menjadi kan pakaian batik bukan hanya berkembang di tanah jawa saja namun hingga di luar jawa. Sekarang ini sudah banyak daerah yang memiliki motif khas tersendiri di pakaian batik mereka dan tentunya memiliki masing-masing arti sendiri. Dahulu pada jamannya batik sering di gunakan di acara formal seperti acara nikahan, dan acara formal lainnya. Namun sekarang pakaian batik sudah cocok dikenakan juga di kegiatan sehari-hari karena pakaian batik ini sudah ada yang berbentuk jaket, sweater, dan lain sebagainya.

Tentunya jika kita kembali lagi ke budaya aslinya, baju batik memiliki motif yang khas tiap daerah dan tiap motif memiliki makna atau arti yang mendalam. Anda tentunya harus memahami arti tersebut sehingga anda juga paham mengapa batik sekarang ini menjadi sebuah kesenian yang diakui di dunia. Motif pada batik bisa anda gunakan untuk memahami karakteristik orang di daerah tersebut. maka tentunya motif batik dari jawa akan sangat berbeda dengan motif dari luar jawa. Selain itu ada juga beberapa motif di pakaian batik yang berisikan doa dan harapan dari masyarakat yang membuatnya. Artti dan makna dalam motif batik yang anda kenakan tentunya menjadi nilai plus sendiri yang memberikan keidahan kepada batik yang menjadi kesenian asli Indonesia.

Jika sudah begitu anda tentunya sebagai bangsa Indonesia bukan hanya sekedar memakai baju batik saja, namun anda juga harus bisa memahami makna dari batik yang anda kenakan. Setidaknya anda memahami motif batik dari daerah anda masing-masing. Hal tersebut perlu dilakukan untuk terus menjaga dan melestarikan batik sehingga terus menjadi sebuah kesenian asli Indonesia yang terus memiliki arti yang luar biasa. Tentunya anda juga harus berbangga ketika memakainya karena batik sekarang ini sudah menjadi kesenian asli Indonesia yang tentunya sudah mendunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *