Macam-macam Motif Batik Pria

Salah satu keunikan dari kain batik adalah motifnya yang beraneka ragam. Selain itu, antara satu jenis kain batik dengan jenis yang lain sesuai daerah asalnya akan memiliki motif yang berbeda-beda. Tak terkecuali untuk batik pria. Banyak jenis motif khusus batik yang bisa kita temukan di sekitar. Berikut adalah beberapa di antaranya. Pertama ada motif Batik Semen Rama. Motif ini seringkali dimaknai sebagai penggambaran kehidupan seni atau kehidupan yang berkembang secara makmur. Motif-motif semen memiliki beberapa jenis ornamen utama. Ada ornamen yang berhubungan dengan daratan seperti tumbuhan serta binatang berkaki empat. Kemudian ada ornamen yang hubungannya dengan udara, seperti garuda, burung serta mega mendung.

Ornamen berikutnya pada motif Batik Semen Rama ialah ornamen yang hubungannya dengan laut seperti air, ikan, serta ular. Jenis ornamen satu ini kemungkinan besar berhubungan dengan paham Tribawana atau Triloka. Paham tersebut memiliki ajaran mengenai tiga dunia, yaitu dunia tengah yang menjadi tempat tinggal manusia, dunai atas tempat tinggal para dewa serta dunia bawah yang menjadi tempat tinggal orang yang dipenuhi angkara murka atau hidupnya tidak benar. Motif batik pria selanjutnya adalah Batik Sida Mukti. Motif ini termasuk motif yang biasanya akan menggunakan zat pewarna soga alam. Biasanya, kain batik motif ini akan banyak digunakan dalam upacara pernikahan.

Unsur motif dalam Batik Sida Mukti adalah garuda. Motif-motif yang memiliki awalan sida juga merupakan motif yang paling banyak dibuat oleh para pembatik. Kata sida sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya jadi atau terlaksana. Motif Sida Mukti memiliki harapan bahwa pemakainya akan mencapai kebahagiaan baik lahir maupun batin. Selain motif batik pria yang beragam, modelnya juga sangat beragam karena terus berkembang. Batik tidak hanya menjadi pakaian formal untuk menghadiri acara-acara resmi, namun juga untuk acara-acara semi formal. Mendapatkan pakaian batik juga tidak lagi sulit. Kita bisa menemukannya baik secara online atuapun offline. Demikian adalah informasi yang bisa disampaikan terkait motif batik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *