Makna Motif Batik Solo Untuk Pernikahan

Saat menghadiri acara pernikahan sering kali kita menemukan batik yang digunakan selama berlangsungnya acara. Ternyata ada berbagai alasan di balik itu semua, salah satunya karena adat istiadat. Setiap daerah memiliki motif batik nya sendiri, apalagi saat acara pernikahan. Batik yang umumnya digunakan adalah batik solo.

Bila Anda sedang mencari batik untuk pernikahan, ada baiknya mengetahui lebih lanjut tentang makna yang terkandung di dalam nya. Selain dapat memberikan wawasan, Anda bisa berhati – hati saat menggunakannya pada acara tertentu. Namun Anda tidak perlu khawatir, di bawah beberapa informasi yang bisa membantu Anda memilih motif yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti pernikahan.

  1. Motif satrio manah
    Motif ini biasanya dikenakan oleh wali pengantin dari pria pada saat acara lamaran atau meminang calon istrinya. Motif batik solo satrio manah memiliki makna berupa harapan dari pihak pria agar lamaran nya dapat diterima oleh calon pengantin wanita serta keluarganya.
  1. Motif truntum
    Masih pada acara pernikahan, motif ini digunakan oleh para orang tua dari pengantin. Motif truntum memiliki arti menuntun, sehingga makna yang terkandung di dalamnya diyakini dapat memberikan harapan untuk orang tua agar selalu menuntun anaknya dalam mengarungi hidup baru dan menjadi keluarga yang sakinah.
  1. Motif ceplok asatriyan
    Motif ini biasanya digunakan oleh pengantin pada upacara kirab sesaat sebelum pengantin duduk di pelaminan.
  1. Motif parang kusumo
    Motif ini memiliki arti bunga yang sedang mekar, sedangkan makna yang terkandung di dalamnya diharapkan pengantin wanita sudah siap lahir dan batin saat menikah. Biasanya batik solo motif parang kusumo dipakai pengantin wanita saat proses tukar cincin.
  1. Motif pamiluto
    Motif pamiluto berasal dari kata pulut yang berarti ikatan pernikahan yang tidak bisa dipisahkan. Biasanya batik ini dipakai saat acara tukar cincin dan di kenakan oleh ibu mempelai wanita.

Bagi Anda yang ingin menikah, semoga tips diatas dapat membantu Anda menentukan motif batik yang sesuai dengan keinginan Anda. Apapun makna yang dimiliki setiap batik, kembali lagi kepada kepercayaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *