Menyingkirkan Pilek

Pilek, mempunyai nama lain nasofaringitis, rinofaringitis, koriza akut, atau selesma, merupakan penyakit yang disebabkan virus pada sistem pernapasan yang terutama menyerang hidung. Pilek ditandai dengan keluarnya ingus atau lendir. Fungsi lendir adalah menjaga kelembapan saluran napas, namun jika produksinya berlebih maka menandakan bahwa Anda sedang sakit.

Beristirahat yang cukup serta menjaga pola makan yang baik, dapat mengurangi gejala pilek dan mencegah penyakit ini menjadi lebih parah. Selain obat yang dapat diperoleh melalui apotek atau dokter, pilek dapat diatasi dengan menggunakan obat-obat tradisional seperti jahe, madu, dan garam. Namun kali ini, kita akan fokus membahas pengobatan pilek dengan menggunakan obat kimia.

Obat resep dokter

Untuk kasus yang berat, obat tanpa resep mungkin menjadi pilihan yang kurang sesuai untuk mengatasi penyakit Anda. Terlebih jika gejala yang Anda alami sudah parah. Anda membutuhkan obat antivirus untuk melawan virus penyebab pilek di dalam tubuh Anda, jadi Anda harus menggunakan obat pilek resep dokter.

Karena tidak dijual bebas, Anda hanya bisa mendapatkan obat antivirus jika dokter meresepkannya. Biasanya dokter akan memberi resep antivirus jika obat yang Anda beli secara bebas tidak mampu membuat kondisi Anda membaik atau ketika virus sudah menimbulkan komplikasi serius. Obat antivirus yang diresepkan dokter bisa berupa pil, sirup, obat hirup, atau cairan infus.

Obat nonresep

Obat yang biasa digunakan untuk meredakan pilek adalah ibuprofen, paracetamol, atau naproxen. Ketiga jenis obat tersebut dapat Anda dapatkan dengan mudah tanpa resep dokter. Obat tersebut aman digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Namun, untuk penanganan pilek pada bayi kami anjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sebelum Anda meminum obat selalu baca dengan teliti takaran dosis dan aturan pakai yang tertera dalam kemasan. Meski dijual bebas, obat-obat ini memiliki potensi efek samping. Maka jika Anda memiliki gangguan kesehatan yang tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi obat-obat tersebut, pilihlah alternatif lain.

Pada akhirnya, mencegah pilek supaya tidak hinggap di tubuh Anda adalahhal yang terpenting. Selalu jaga kebersihan badan dan hindari kontak langsung dengan penderita dengan menggunakan masker. Demikian, info kesehatan tentang pilek yang dapat kami sajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *