Pengertian Histoplasmosis dan Pengobatannya

Menurut alodokter.com, pengertian histoplasmosis merupakan sebuah infeksi jamur yang menyerang paru-paru dan disebabkan oleh pengidap menghirup spora jamur yang disebut dengan histoplasma capsulatum. Spora jamur sendiri biasa ditemukan di kotoran kelelawar dan burung, yang seringkali ditemukan juga di tanah. Penularan yang paling sering terjadi ialah melalui udara. 

Bagi penderita yang mengalami penyakit histoplasmosis memang tidak memerlukan perawatan yang intens, karena masih dianggap sebagai penyakit ringan. Akan tetapi, untuk orang yang mempunyai daya tahan tubuh yang rendah, harus memeriksakan diri ke dokter untuk perawatan atau pemeriksaan lebih lanjut. Karena, orang yang memiliki penyakit histoplasma pada orang berdaya tahan tubuh rendah bisa menjadi masalah yang serius bahkan dapat menjalar pada bagian-bagian yang lainnya.

Gejala

Orang yang menderita penyakit ini umumnya tidak merasakan gejala yang berarti karena masih masuk ke dalam penyakit ringan. Maka dari itu, orang yang menderita penyakit histoplasmosis memang kebanyakan tidak menyadari bahwa mereka telah terinfeksi. Meski begitu, orang yang menghirup banyak spora jamur, baru akan merasakan gejala-gejalanya. Yaitu sejak 3 sampai 17 hari sehabis menghirup spora jamur.

Gejala yang biasa muncul antara lain tubuh yang demam, nyeri pada otot, sesak napas, sakit pada kepala, mengalami batuk-batuk kering, tiba-tiba menggigil, nyeri pada sendi, serta ruam pada kulit. Pada pengertian histoplasmosis di atas, memang penyakit ini tidak berat, tetapi juga bisa menjadi kronis pada orang yang pernah menderita penyakit paru. Untuk histoplasmosis kronis, gejala yang dirasakan oleh penderita akan lebih mirip gejala pada penyakit tuberculosis atau TBC. Misalnya keringat yang berlebihan, batuk yang berdarah, dan berat badan yang tiba-tiba menurun.

Ada pula yang disebut dengan histoplasmosis diseminata, yang termasuk ke dalam kondisi yang berat. Biasnaya akan menyerang penderita yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Penderita yang biasanya terkena penyakit ini adalah orang-orang yang mengalami HIV/AIDS. Bahkan, bisa menjalar pada organ-organ tubuh yang lain seperti mulut, sistem saraf pusat, kelenjar adrenal, kulit, dan hati. Apabila seseorang sudah memasuki tahap penyakit ini akan menjadi berbahaya, ketika tidak ditangani secara cepat dan tepat.

Penyebab

Selain pengertian histoplasmosis, kamu pun harus mengetahui penyebab dari penyakit ini berasal. Yaitu bersumber dari spora jamur yang disebut dengan histoplasma capsulatum seperti yang sudah ditulis di atas. Pertumbuhan jamur ini biasanya di tanah-tanah yang lembab dan kaya dengan kandungan organik, apalagi kotoran-kotoran burung atau kotoran kelelawar. Kamu akan dapat menemukan jamur ini dengan mudah pada kandang-kandang ayam atau burung, di dalam gua, serta di taman.

Terjadinya histoplasmosis adalah karena jamur yang tumbuh biasanya terbawa angin sehingga berada di udara yang kemudian terhirup oleh manusia. Manusia dapat terinfeksi penyakit ini lebih dari satu kali, meski gejala yang dirasakan akan lebih parah ketika pertama kali terinfeksi.

Pengobatan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyakit histoplasmosis ini termasuk ke dalam penyakit yang ringan maka tidak diperlukan perawatan yang khusus. Kecuali bagi orang yang sudah mengalami histoplasmosis yang kronis, atau hisptoplamosis diseminata, akan diberikan obat antijamur. Obat tersebut dapat berupa tablet yang bisa langsung diminum maupun suntikan yang didapat dari dokter. Umumnya, orang yang mengalami penyakit ini akan diberikan obat antijamur seperti ketoconazole, itraconazole, serta obat amphotericin B.

Itulah ulasan mengenai pengertian histoplasmosis dan pengobatannya yang bisa kamu ketahui. Jadi, ketika kamu mengalami gejala-gejala di atas, kamu bisa langsung menanyakan atau berkonsultasi langsu pada dokter. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *