Perbedaan Antara Aquascape dan Aquarium

Sebagai penggemar ikan hias apakah Anda sudah mengetahui apa perbedaan antara aquascape dengan aquarium? Sebenarnya kedua media ini memiliki bentuk wadah yang sama yang terbuat dari kaca atau wadah plastik berbentuk kotak dengan ukuran bervariasi. Hanya saja yang menjadi pembeda ialah kegunaan dari wadah itu sendiri serta fokus tampilan yang hendak disajikan.

Secara umum penggemar ikan hias yang menggunakan media aquarium sebagai sarana perkembangan lebih cenderung fokus terhadap jenis ikan hias yang hendak dipelihara dalam aquarium yang biasanya berukuran sedang hingga besar. Keberadaan karang, batu, rumput serta ekosistem laut buatan lainnya hanya menjadi ornament pemanis tampilan aquarium saja supaya nampak lebih indah sekaligus enak dipandang mata.

Tetapi hal tersebut sangat bertolak belakang dengan aquascape yang justru lebih condong memfokuskan pandangannya terhadap tanaman air, batu, karang, pasir serta ekosistem laut buatan lainnya sebagai media pertumbuhan tanaman. Biasanya beberapa ekosistem laut tersebut akan disulap dan dibentuk menjadi sebuah taman atau hutan dengan banyak pohon yang menyerupai pemandangan alam layaknya ekosistem aslinya.

Keberadaan ikan hias pada media ini lebih cenderung menampilkan ikan hias yang berukuran kecil dan mungil serta memiliki karakteristik sifat yang tidak agresif. Pasalnya ikan yang agresif dikhawatirkan akan merusak pertumbuhan ekosistem laut yang telah susah payah di bangun layaknya ekosistem asli tersebut.

Meskipun fokus pandangan serta jenis ikan yang diterapkan pada kedua media ini sangat bertolak belakang dan berbeda. Namun keberadaan kedua media ini sama-sama mampu menunjang nilai estetika terjadap tampilan suatu ruangan.

Nah bagi Anda yang berkenan untuk menciptakan sebuah aquascape guna mempermanis tampilan rumah, tak ada salahnya untuk mencari informasi pada jasa aquascape di sekitar tempat tinggal Anda. Biasanya Anda bukan hanya dibantu untuk menciptakan aquascape yang indah saja tetapi juga diberikan kesempatan untuk mendesain sendiri tampilan aquascape idaman.

Itulah pembahasan lengkap terkait perbedaan antara aquascape dengan aquarium yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca yang budiman. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *