Periksa Gigi Dinilai Mahal, UMY Gelar Layanan Gratis 3 Hari

Banyak orang enggan memeriksakan gigi karena mahal dan menakutkan. Untuk itu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyambut pemeriksaan gigi gratis selama bulan ke 10 dokter gigi nasional.

Tiga hari, 11-13. Pada bulan November, 1.200 pasien menjadi sasaran dan menerima informasi bahwa pemeriksaan gigi tidak selalu membuat mereka takut. Agenda ini merupakan bentuk kolaborasi antara UMY dan Asosiasi Gigi Indonesia dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia di Rumah Sakit Gigi dan Mulut UMY, Kota Yogyakarta.

Presiden Profesional Dokter Gigi UMY Erma Sofiani mengatakan kegiatan tiga hari ini juga berfungsi sebagai sarana untuk bersosialisasi seputar ujian gigi rutin.

“Sampai saat ini, masih banyak orang Indonesia, terutama penggemar DIY, yang enggan memeriksakan gigi secara teratur. Mereka hanya datang ke dokter gigi jika giginya sakit, “kata Erma, Senin (11/11).

Dia menjelaskan, orang enggan memeriksakan gigi secara rutin karena takut dan menganggap biaya ujian itu mahal. Tetapi asumsi biaya ternyata tidak terbukti.

Karena ketika RSGM UMY melakukan pemeriksaan gigi gratis di berbagai pusat kesehatan di Muhammadiyah, ada juga sejumlah kecil warga. “Dari kondisi ini kami menyimpulkan, faktor terpenting dalam keengganan orang untuk memeriksa gigi mereka adalah kecemasan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *