Tips membersihkan sepatu kesayangan agar tidak mudah rusak

Sepatu selain menjadi kebutuhan utama untuk melengkapi berbusana namun juga menjadi benda yang seringkali dikoleksi oleh banyak orang, sepatu yang biasanya menjadi barang koleksi oleh banyak orang ialah sepatu sneakers karena bentuknya yang menarik dan akan sangat cocok digunakan dalam berbagai kondisi. Sepatu sneakers banyak dikoleksi oleh pria maupun wanita juga karena modelnya yang tak pernah ketinggalan zaman walau kamu gunakan kapanpun, jangka penggunaan sepatu ini juga cukup panjang karena sepatu ini memang diperuntukkan untuk frekuensi penggunaan yang cukup sering, namun hal ini juga dikembalikan pada perawatan yang dilakukan oleh sang pemilik, salah satu perawatan sepatu yang sering dilakukan ialah dengan cara mencuci sepatu, cara yang dilakukan untuk mencuci juga berpengaruh terhadap kualitas sepatu. Lalu bagaimana cara mencuci sepatu yang benar agar tetap menjaga kualitas dari sepatu koleksimu? Simak tipsnya di bawah ini

  1. Sesuaikan alat yang digunakan dengan bahan sepatu

Bahan sepatu memang harus disesuaikan dengan alat untuk mencuci sepatumu, jika kamu memiliki sepatu dengan bahan kulit kamu bisa menggunakan alat yang halus seperti spons maupun kain, jika kamu memiliki jenis sepatu berbahan suede kamu bisa mencucinya dengan brush atau sikat yang lembut dan jangan terlalu sering dicuci karena sepatu ini tidak dapat terus menerus terkena air.

  1. Jangan gunakan sembarang sabun

Sabun yang biasanya digunakan untuk mencuci baju atau detergen biasanya tidak cocok digunakan untuk mencuci sepatu karena dikhawatirkan akan merusak permukaan sepatu hingga memudarkan warna sepatu milikmu, gunakanlah sabun pencuci khusus pencuci sepatu. Beberapa contoh pembersih sepatu yang biasa digunakan ialah Desmax Shoe Cleaner yang mampu membersihkan sepatu dari noda dan debu, bahan pembersih ini juga akan cocok digunakan untuk kamu membersihkan tas, topi, ransel, dan bahan serupa. Bahan selanjutnya adalah Hush Puppies Shoecare, sepatu Hush puppies tak hanya mengeluarkan produk sepatunya saja namun juga produk pembersih seopatu, layaknya jenis sepatu Hush Puppies yang banyak beredar pembersih ini memang diperuntukkan untuk sepatu yang terbuat dari bahan suede dan nubuck, dan layaknya pembersih yang telah disebutkan sebelumnya pembersih ini juga dapat digunakan untuk membersihkan tas, topi, dan bahan serupa.

  1. Jangan menjemur langsung di bawah sinar matahari

Setelah selesai mencuci janganlah menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung, walaupun akan cepat kering namun sinar matahari langsung akan merusak warna dari sepatu sehingga menjadi pudar, selain itu sepatu berbahan kulit juga akan lebih mudah rusak jika sering dijemur di bawah sinar matahari langsung, keringkanlah sepatu menggunakan blower atau alat serupa dan sebisa mungkin hindarkan dari cahaya langsung.

Jika kamu tidak bisa atau tidak yakin membersihkan sepatu sendirian kamu bisa melakukan pencucian sepatu di jasa laundry sepatu yang tersedia di berbagai kota, karena mereka biasanya menggunakan jenis pembersih sepatu dan alat khusus yang diperuntukkan untuk mencuci sepatu, selain itu jika kamu ingin membuat sepatu kamu nampak lebih baru kamu bisa menggunakan jasa repaint atau pewarnaan ulang pada sepatu. Pastikan sepatumu selalu tampak bersih untuk menjaga kepercayaan diri saat menggunakan sepatu, dengan menjaga sepatu tetap dalam kondisi bersih kamu juga akan menjaga kualitas sepatu agar lebih berkualitas karena terhindar dari debu dan kotoran yang menempel yang merusak sepatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *