Wisata Sejarah hingga Belanja Batik

Hanya saja wisata sejarahnya masih dilestarikan. Dikenal dengan batiknya, Anda bisa dengan mudah menemukan ragam motif batik yang indah di Solo. Tempat wisata tidak selalu identik dengan barang modern atau mahal. Di Solo bisa melakukan wisata sejarah, belajar membatik dengan cara tradisional, membeli batik dengan harga yang relatif murah.

1. Istana Surakarta

Keraton Surakarta menjadi bangunan yang eksotis pada masanya. Sama seperti keraton Yogyakarta, salah satu arsitek keraton Surakarta yang juga menjadi arsitek utama keraton Yogyakarta. Dia adalah Pangeran Mangkubumi. Di sini Anda dapat berjalan-jalan untuk melihat koleksi museum peninggalan sejarah kuno. Anda juga bisa berfoto dengan pengawal istana. Kereta kuda tua juga dipajang di sini.

2. Kampung Batik Laweyan

Anda bisa belajar membatik tradisional di kampung batik Laweyan. Di sini Anda diajarkan bagaimana membuat pola dengan lilin panas untuk memberi warna. Pada awalnya anda akan diajari step by step cara membuat batik ini. Selanjutnya, Anda akan diberi kain bermotif. Wisatawan hanya perlu mengukir dengan lilin panas dengan motif yang tersedia. Beri warna juga. Wisatawan bebas mengecat kain batik. Setelah selesai membatik, Anda bisa membawa pulang batik tersebut.

3. Museum Batik Danar Hadi

Selain belajar membatik, Anda juga bisa melihat koleksi batik solo. Ada berbagai kain batik di museum batik Danar Hadi. Umur batik ini puluhan tahun bahkan ratusan tahun. Ada batik dari Yogya dan hanya dengan ciri khasnya masing-masing. Fungsi dari batik ini pun bermacam-macam, ada batik yang diinginkan, ada yang mau melamar laki-laki yang ingin melamar membatik untuk jenazah seorang gadis. Museum ini terletak di belakang rumah Danar Hadi. Di museum ini akan ada seorang pemandu yang akan menjelaskan segala sesuatu tentang batik, mulai dari alat yang dibutuhkan hingga kain yang digunakan.

4. Pure Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran adalah salah satu wisata sejarah di Solo. Kunjungan ini menunjukkan bukti otentik sejarah dan budaya Solo. Tempat ini memadukan arsitektur Jawa dan Eropa di dalamnya dengan dekorasi di beberapa sudut. Setelah melewati gerbang utama keraton, wisatawan dapat melihat Pamedan, tempat latihan pasukan Mangkunegaran.

5. Pasar Klewer

Banyak yang bilang Pasar Klewer adalah shopping mall # 1 di Solo. Pasar ini terkenal sebagai salah satu sentra batik di Indonesia. Di sini wisatawan bisa menemukan berbagai jenis pakaian batik, mulai dari kemeja, baju bayi, sprei dan berbagai jenis pakaian batik lainnya. Dan yang membuat pasar ini ramai adalah selain dagangannya lengkap, harganya juga murah bagi wisatawan. Jadi, buat kamu yang ingin ke Solo jangan sampai ketinggalan pasar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *